Dasar – Dasar Perangkat Lunak

              Perangkat keras komputer tidak dapat berbuat apa – apa tanpa adanya perangkat lunak. Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila intruksi – intruksi tertemtu telah diberikan kepadanya. Intruksi – intruksi tersebut disebut dengan perangkat lunak yang ditulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras komputer. Sistem operasi (Operating System/OS) adalah merupakan perangkat lunak yang sudah dibuat oleh pabrik yang memproduksi komputer tersebut.
              Operasi system tersebut berfungsi sebagai penengah perangkat keras dengan perangkat lunak yang ditulis oleh pemakai. Sistem operasi tersebut akan mengatur semua operasi dari perangkat keras komputer, dengan demikian pemakai komputer tidak perlu harus berhubungan dan mengerti betul bagaimana perangkat keras bekerja. Intruksi – intruksi yang ditulis oleh pembuat program dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Seperti telah diketahui komputer hanya mengenal signal elektronik yang dalam kode biner, yaitu nilai 1 dan 0. Demikian juga seharusnya intruksi – intruksi yang ditulis harus dalam bentuk bilangan biner, supaya dapat dimengerti oleh komputer. Untuk mengatasi hal tersebut, maka intruksi – intruksi tersebut dapat dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu dan diterjemahkan menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh komputer dengan suatu perangkat lunak yang disebut dengan language software. Tujuan dari sistem pengolahan data adalah untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu, yaitu dengan cara mengolah data yang ada dengan menggunakan suatu pemrograman yang ditulis oleh pemprogram komputer. Program yang ditulis oleh pemprogram komputer untuk memecahkan suatu masalah tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman yang disebut dengan perangkat lunak aplikasi (application software). Bahasa pemrograman pada komputer adalah :

    1. Bahasa pemrograman tingkat tinggi, turbo basic, trubo pascal, Delphi, dll.
    2. Bahasa pemrograman tingkat menegah, assembly contoh Mou A,B.
    3. Bahasa pemrograman tingkat rendah, bahasa mesin contoh 1 dan 0.

    Jadi perangkat lunak dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

    1. Perangkat lunak system operasi (OS), yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer.
    2. Perangkat lunak bahasa (language software), yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi – intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman dalam bahasa mesin, supaya dapat dimengerti oleh komputer.
    3. Perangkat lunak aplikasi (application software), yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan untuk language software untuk menyelesaikan suatu apliaksi tertentu.

              Istilah perangkat lunak (sistem software) menyangkut dua kategori OS dan language software. Hubungan dari perangkat lunak dengan perangkat keras dapat digambarkan sebagai berikut :

    Penjelasan :

    1. Operating System.
                Sistem operasi ini merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer. Sistem operasi ini umumnya disimpan di memori utama atau ROM atau disket atau hardisk. Sistem operasi yang disimpan di disket disebut DOS dan contoh untuk IBM PC dimana sistem operasi terdapat pada ROM BIOS (Basic Input Output System). ROM BIOS dan IBM BIO COM berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasi alat – alat input output (contohnya keyboard,printer, alat komunikasi, dll). IBM DOS COM berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasi disket.
    2. Language Software.
                Perangkat lunak bahasa ini merupakan program khusus yang sudah disediakan oleh pabrik komputer atau perusahaan perangkat lunak. Program ini berfungsi sebagai penterjemah dari bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat menengah menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh komputer. Contoh Asembler yaitu digunakan untuk menterjemahkan bahasa tingkat menengah menjadi bahasa mesin. Compiler/Interpiece untuk menterjemahkan bhasa tingkat tinggi ke bahasa mesin.
    3. Application Software.
                Perangkat lunak aplikasi ini adalah suatu program yang ditujukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu. Perangkat lunak aplikasi ini biasanya sudah berbentuk paket – paket perangkat lunak contohnya turbo pascal, turbo C, turbo basic, data base dan lain – lain.

    Pengembangan perangkat lunak.
              Komputer dapat dijalankan oleh manusia dengan cara memberikan perintah tertentu kepada komputer, perintah itu berupa suatu bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Persoalan dapat dipecahkan oleh komputer jika seluruh perintah sudah diterjemahkan ke dalam bahasa komputer yang tersusun secara berurutan dan logis. Untuk dapat mengembangkan atau membuat perangkat lunak yang berkualitas dibutuhkan sebuah prosedur dan perencanaan yang baik. Prosedur dan perencanaan saja tidak sepenuhnya menjamin pengembangan suatu perangkat lunak akan bebas dari kesulitan – kesulitan dan permasalahan – permasalahan, tetapi juga tetap tergantung kepada manusia yang melaksanakannya, karena pengalaman, kepandaian dan ketelitiannya. Demikian juga sebaliknya walaupun manusianya cakap/pinter tetapi tanpa prosedur dan perencanaan yang baik maka pekerjaan tidak dapat diselesaikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Supaya pengembangan atau pembuatan perangkat lunak dapat berhasil dengan baik, maka harus direncanakan secara terperinci dalam urutan langkah – langkah yang disebut dengan prosedur. Langkah – langkah tersebut adalah :

    1. Mendefinisikan masalah.
    2. Membuat algoritma.
    3. Membuat diagram alur (flow chart).
    4. Memilih bahasa pemrograman.
    5. Merancang program.
    6. Pemrograman.
    7. Pengetesan dan pelacakan kesalahan program.
    8. Membuat dokumentasi program.

Link Download Artikel Dasar Ilmu Komputer Lengkap Klik Link berikut >>> DASAR ILMU KOMPUTER <<<

Leave a comment

Filed under Dasar ILmu Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s