Elemen Dasar Sistem Komputer

  1. Dasar – dasar Rangkaian Logika.



  2. Sistem Komputer.
              Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut sistem computer. Secara umum sistem terdiri dari elemen – elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen – elemen yang terdiri dari perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan Brainware. Perangkat keras adalah peralatan tertentu sendiri, seperti monitor, printer, RAM , ROM, dan lain – lain. Sedangkan perangkat lunak adalah program yang berisi perintah – perintah untuk melaksanakan proses tertentu menggunakan bahasa tingkat tinggi contohnya pascal,turbo c, dan lain – lain. Bahasa tingkat menegah contohnya assembly. Bahasa tingkat rendah contohnya bahasa mesin. Dan Brainware adalah manusia yang terlibat dalam pemprosesan computer.
              Ketiga elemen sistem tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras (Hardware) tanpa perangkat lunak (Software) dan perangkat lunak (Software) tanpa perangkat keras (Hardware), tidak akan berarti apa – apa atau disebut benda mati. Kedua elemen ini perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) tidak akan berfungsi kalau tidak ada yang mengoperasikannya.
  3. Struktur dan Fungsi Komputer.
              Struktur komputer didefinisikan sebagai cara – cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut :

              Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing – masing komponen sebagai bagian dari struktur. Ada pun fungsi dari masing – masing komponen dari struktur tersebut :

    1. Input Device (alat masukan) adalah perangkat keras computer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam computer. Contohnya keyboard, mouse.
    2. Output Device (alat keluaran) adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hardcopy (kertas), softcopy (monitor) ataupun berupa suara.
    3. I/O Port, bagian ini digunakan untuk menerima atau mengirim data ke luar sistem peralatan input dan output yang terhubung melalui I/O port ini.
    4. CPU (Central Processing Unit), merupakan otak sistem computer dan memiliki fungsi operasional ALU (Aritmatic Logic Unit) pusat pengolahan data, CU (Control Unit) pengontrol kerja computer, dan selain itu ada register(memori di dalam CPU).
    5. Memori, terbagi menjadi 2 bagian memory eksternal dan internal. Memory internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungi menyimpan program sementara waktu dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang bias dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi, ketika computer pertama kali dinyalakan. Memory eksternal berupa hardisk, disket, floppy disk, flash disk dan lain – lain.
    6. Data bus adalah jalur – jalur perpindahan data antar modul dalam sistem computer. Data ini bersifat bidirectional (2 arah).
    7. Adress Bus, digunakan untuk menandakan lokasi sumber maupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory atau I/O yang akan ditulis atau dibaca. Data ini bersidat directional (1 arah.
    8. Control Bus, digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke dalam bus dan address bus terdiri dari 4 – 10 saluran pada I/O.
    9. Clock adalah generator pembentuk pulsa atau frekuensi yang besarnya tertentu dan mempengaruhi cepatnya computer Hz.

Link Download Artikel Dasar Ilmu Komputer Lengkap Klik Link berikut >>> DASAR ILMU KOMPUTER <<<

1 Comment

Filed under Dasar ILmu Komputer

One response to “Elemen Dasar Sistem Komputer

  1. Pingback: Elemen Dasar Sistem Komputer | Ricky SK UG'13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s