Sistem Informasi Manajemen

  1.            System informasi manajemen (SIM) adalah merupakan penerapan sistem informasi didalam organisasi untuk mendukung informasi – informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. SIM dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari intruksi sistem – sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian. SIM juga dapat didefinisikan yaitu merupakan jaringan informasi yang dibutuhkan pimpinan dalam menjalankan tugasnya terutama dalam mengambil keputusan. Sudah barang tentu jika disebutkan dibutuhkan pimpinan maka berarti pula dibutuhkan juga oleh organisasi, sebab tugas pimpinan bukan untuk kepentingan dirinya sendiri tetapi untuk mencapai tujuan organisasi. Adapun tujuan dari SIM adalah membantu pimpinan di dalam mengambil keputusan yang tepat. Sehubungan dengan alat tersebut tantangan yang lebih besar bagi sistem informasi adalah :
    1. Kemampuan untuk memberikan macam dan jumlah informasi yang benar dibutuhkan.
    2. Menyampaikan informasi yang memenuhi persyaratan dan mudah dimengerti pimpinan. Informasi yang baik yang memenuhi persyaratan adalah lengkap sesusai dengan kebutuhan, terpercaya dan masih actual. Cara yang banyak membantu penggunaan sistem informasi adalah memandang informasi sebagai sumber esensial bagi organisasi sepanjang menyangkut keuangan, personalian, perlengkapan, fasilitas dan lain – lain. Dengan menggunakan informasi yang tepat maka efisiensi kerja dalam berorganisasi dapat dicapainya. SIM dapat membantu menjembati antara perencanaan dan pengendalian dalam organisasi.

               Secara teori komputer tidak harus digunakan dalam SIM, tetapi kenyataanya tidaklah mungkin SIM yang komplek lebih lanjut, bahwa SIM selalu berhubungan dengan pengelolaan informasi. Dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, maka pimpinan akan memperoleh informasi yang lengkap, up to date, terpercaya dalam waktu yang relatif singkat. Unit informasi yang sistematis tidak banyak mengalami hambatan jika menggunakan bantuan komputer, apalagi dibantu DPP. SIM merupakan kumpulan – kumpulan dari sistem informasi. SIM tergantung dari besar kecilnya organisasi dapat terdiri dari sistem – sistem organisasi sebagai berikut :

    1. Sistem informasi akuntansi menyediakan informasi dari transaksi keuangan.
    2. Sistem informasi pemasaran, menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan – kegiatan pemasaran, kegiatan – kegiatan penelitian pasar dan sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
    3. Sistem informasi manajemen.
    4. Sistem informasi personalia.
    5. Sistem informasi distribusi.
    6. Sistem informasi pembelian.
    7. Sistem informasi kredit kekayaan.
    8. Sistem informasi analisis kredit.
    9. Sistem informasi penelitian dan pengembangan.
    10. Sistem informasi tehnik.

               Semua sistem – sistem informasi tersebut secara keseluruhan dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada semua tingkatan manajemen.

Link Download Artikel Konsep ICT Lengkap Klik Link berikut >>> KONSEP ICT <<<

Leave a comment

Filed under Koncep ICT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s